Tips Latih Mental " Latih Mental Dulu, Baru Latih Tubuh"

Apakah resolusi 2023 Anda? Bekerja lebih cerdas, bermain lebih gila, makan lebih sehat, dan oh ya, olahraga teratur. Tapi ada, satu masalah yang terus berulang. Biasanya belum juga keburu dilaksanakan, keesokan harinya janji tinggallah janji. Padahal belum ada setahun! Berikut ini lima cara sederhana untuk memastikan pikiran Anda berada pada jalurnya sehingga akhirnya Anda bisa mendapatkan apa yang Anda mau.

  • Fokus Ulang

Alasan pertama orang menyerah dari target karena tidak adanya keyakinan bahwa hal tersebut mungkin dicapai. Tapi tahukah Anda bahwa target mengurangi lemak 1-2 kg atau menambah otot 1-2 kg per minggu akan jauh lebih realistis, mudah diprediksi melalui keseimbangan yang tepat dari latihan kardio, power, dan gizi? Carilah informasi yang Anda butuhkan untuk mewujudkannya.

  • Identifikasi Hambatan

Apakah perjalanan, sakit, ataupun luka menggelincirkan Anda dari tujuan kebugaran tahun ini? Banyak orang kehilangan semangat menurunkan berat badan ataupun tujuan kebugaran lain karena kendala-kendala semacam ini. Jika salah satu kendala ini menggagalkan Anda, sekarang saatnya menilai kembali situasi Anda saat ini dan mengatasi masalah yang dihadapi daripada menyerah.

Jika Anda melihat bahwa perjalanan dinas membuat penyusunan gizi dan program pelatihan sulit, maka carilah solusi untuk membuat program program latihan saat perjalanan atau mencari cara untuk makan lebih baik di jalan. Jika suatu penyakit atau cedera menghalangi Anda, maka mungkin ini waktunya berbicara dengan ahli medis untuk mengatasi masalah tersebut.

Tetapkan rencana baru yang mengutamakan kesembuhan Anda, kemudian fokuskan pada pembangunan kembali tingkat kebugaran Anda. Saatnya untuk mendekati tujuan kebugaran Anda seperti Anda akan sebuah proyek di tempat kerja: mengidentifikasi hambatan, menemukan solusi, dan desain rencana permainan baru!

  • Jauhi Rutinitas

Setelah melakukan strength dan cardio program selama sekian bulan, biasanya semangat kita semakin menurun. Periodisasi, atau program pentahapan, adalah komponen penting keberhasilan. Kebanyakan training akan mengubah jenis dan intensitas latihan secara bertahap setiap 4 – 6 minggu. Sedangkan variabel yang terlibat terlalu rumit untuk rinci di sini, pointnya apabila Anda sudah bekerja keras, cukup melakukan diversifikasi program anda dengan saran dari seorang pelatih ahli.

  • Memotivasi

Komitmen terhadap orang lain dapat mendorong motivasi apabila semangat pribadi berkurang. Jika Anda jenuh, mungkin sudah saatnya untuk berkomitmen kepada teman, pelatih, ahli gizi, atau mencari grup untuk menginspirasi latihan Anda. Kebanyakan gym menawarkan kelas grup gratis seperti yoga, boxing, spinning, salsa, dll. Tapi di luar gym Anda juga dapat menemukan acara lokal besar seperti acara jalan santai, marathon, fun bike, dan semacamnya.

  • Berlibur

Butuh liburan? Rencanakan liburan akhir pekan, akan lebih baik lagi sebuah liburan yang didedikasikan untuk kebugaran, untuk mempercepat pelatihan Anda. Tergantung pada tingkat kebugaran, Anda bisa merencanakan liburan di pantai lengkap dengan olahraga air dan yoga, atau tamasya di kota untuk menjelajahi tempat-tempat baru dengan berjalan kaki ataupun wisata sepeda. Liburan itu akan membangun momentum kebugaran Anda sebelum kembali ke rutinitas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url