Tips Wisata Ala Backpacker Agar Tetap Menyenangkan - KOLOMWARTA.COM

Buat kalian yang lagi seneng jalan-jalan a.k.a travelling dengan budget dana rendah, yang istilah kerennya backpacker, pasti seru dong kalo bisa terus jalan-jalan mengunjungi berbagai tujuan wisata tanpa harus mikirin dana yang minim?

Ternyata walau pendanaannya minim, backpacking bisa terasa tetap menyenangkan selama kita tahu bagaimana memposisikan diri pada saat kita berada di tempat wisata! Mau tau caranya agar tetap asik saat backpacking? Yuk simak tips wisata ala backpacker berikut ini:

  • Berpakaian sederhana

    Usahakan pakaian yang akan kalian kenakan selama backpacking adalah pakaian yang sederhana. Selain lebih mudah membaur dengan masyarakat sekitar, kita juga tidak akan dicap berlebihan karena mengenakan pakaian yang mencolok dimata mereka. Pokoknya jangan terlalu menunjukkan kalau kita ini wisatawan deh! Karena wisatawan identik dengan orang-orang berdompet tebal.

  • Pelajari logat bicara

    Kalau kita bisa berbicara sesuai dengan bahasa daerah mereka, ini akan sangat baik. Namun jika memang tidak bisa, minimal kita harus bisa bertuturkata menggunakan logat yang mereka pakai. Hal ini akan mempermudah kita untuk mendapatkan informasi yang akurat ataupun ketika menawar harga.

  • Pelajari kebiasaan penduduk sekitar

    Sejak mulai menginjakkan kaki di tempat yang kita tuju, perhatikanlah semua tindak tanduk penduduk lokal yang terlihat. Dengan cara ini kita dapat mengetahui kebiasaan penduduk sekitar. Bagi yang tidak terbiasa melakukan hal ini pasti akan terasa sulit. Hal ini bukan tidak ada tujuannya loh! Dengan kita mengetahui kebiasaan penduduk sekitar, akan lebih mudah ketika kita akan memulai sebuah obrolan dengan mereka.

  • Berperilaku sopan

    Sering kali kita menemui wisatawan yang bertingkah tidak sopan. Mungkin karena mereka merasa berhak melakukannya di tempat wisata. Kalau bisa sih kita jangan seperti mereka. Tetaplah berusaha untuk berperilaku sesopan mungkin agar penduduk lokal tidak terganggu ataupun memberi kesan negatif.

  • Sering mengobrol dengan masyarakat sekitar

    Kita harus belajar menjadi orang yang supel kalau mau cepat membaur dan memberi kesan yang baik bagi penduduk lokal. Seringlah memulai obrolan dengan mereka, walau terkesan basa basi. Biasanya bila mereka terkesan dengan kita, akan ada saran yang bermanfaat yang kita dapat dari hasil obrolan tersebut. Misalnya saran tempat makan yang enak dan murah, penginapan yang nyaman dan harga terjangkau, hingga tempat yang harus dikunjungi ataupun yang jangan dikunjungi.

  • Berkeliling dahulu sebelum memilih penginapan

    Ini penting, kalau memang sebelumnya belum menentukan akan menginap dimana, sebaiknya berkeliling area wisata terlebih dahulu! Seperti saran yang diberikan pada nomor 3, kalau kita terkesan ramah, biasanya penduduk lokal tidak akan ragu untuk memberikan saran terbaik mereka mengenai penginapan ataupun homestay yang cocok untuk kita datangi. Jangan sampai kita malahan mendapatkan penginapan yang buruk dan harga yang mahal, karena kita malu bertanya.

  • Hindari spontanitas

    Memang, terkadang melakukan hal yang spontan itu terasa menyenangkan. Tapi kalau untuk backpacking, sebaiknya jangan deh! Kita harus sudah mempersiapkan rute perjalanan, tujuan wisata yang akan dikunjungi, hingga perkiraan dana yang akan dihabiskan. Tidak merencanakan ketiga hal tersebut akan menyulitkan kita sendiri dan justru membuang-buang waktu karena harus bertanya-tanya mengenai rute dan tujuan yang akan dikunjungi.

  • Jangan ragu untuk bertanya kepada sesama wisatawan

    Kalau daritadi kita mencoba untuk mendapatkan masukan dari penduduk lokal, masukan dari sesama wisatawan tidak kalah pentingnya loh! Oleh karena itu jangan ragu ketika kita bertemu dengan sesama wisatawan, kita menanyakan banyak hal kepada mereka. Kemungkinan karena sesama wisatawan, pasti mereka pun akan memberikan pendapat dan masukkan yang berguna bagi kita selama berwisata di kawasan yang sama. 

  • Jika ingin menolak, tolaklah dengan halus

    Tidak jarang ketika terlihat bahwa kita adalah wisatawan, penduduk lokal berbagai macam jasa mulai dari menyewakan peralatan, kendaraan, penginapan, tour guide, dan lain-lain. Jika memang kita tidak tertarik dengan tawaran mereka, tolaklah dengan halus dan sopan. Kalau memang perlu, alihkan topik pembicaraan agar mereka tidak terus-terusan menawarkan jasa yang mereka sediakan kepada kita. Jangan sampai kita menolak secara blak-blakan, bisa saja penduduk lokal tersebut akan merasa sakit hati, bukan tidak mungkin ini justru akan mempersulit kegiatan wisata kita nanti.
  • Ucapkan terimakasih

    Ketika kita sudah akan beranjak untuk meninggalkan tempat wisata, jangan lupa untuk menyampaikan salam perpisahan dan ucapan terima kasih kepada mereka. Bukan tidak mungkin kalau kita pada suatu saat akan kembali ke tempat tersebut, jadi berikanlah kesan yang baik. Sering loh ketika mengobrol dengan pemilik penginapan, mereka masih mengingat pengunjung yang sudah lama datang, karena memberikan kesan yang baik kepada mereka.
  • Waduh sepertinya tipsnya kepanjangan ya? Hehehe. Tapi inilah tips yang admin simpulkan selama sering backpacking ke berbagai tempat. Meskipun kita berwisata dengan dana yang minim, harus tetap menyenangkan dan berkesan dong? Oleh karena itu jangan lupa untuk menerapkan tips-tips ini ketika sedang backpacking ya, guys!

     

    Next Post Previous Post
    No Comment
    Add Comment
    comment url