Mengenal Lebih Dekat Pegunungan JayaWijaya

Pegunungan Jayawijaya adalah pegunungan yang terbentang di bagian timur negara kita. Pegunungan ini berada di Provinsi Papua. Pegunungan Jayawijaya adalah pegunungan tertinggi di Indonesia, dengan puncak tertinggi, Puncak Jaya (4.884 meter di atas permukaan laut). Di puncak pegunungan Jayawijaya terdapat keajaiban adanya salju abadi yang semakin menipis akibat pemanasan global. Gunung ini, adalah salah satu gunung tertinggi di dunia. Orang pertama yang menaklukkan gunung ini adalah seorang turis dari Belanda, bernama Hendrikus Albertus Lorentz pada tahun 1909 dan bersama teman-temannya, yang berasal dari Kenya.

Pegunungan Jayawijaya, Papua

Pegunungan Jayawijaya memang memiliki pemandangan yang sangat mempesona, akan tetapi sangat sulit ditaklukan. Hanya pendaki yang benar-benar memiliki keahlian dan memiliki pengalaman yang sanggup menaklukan pegunungan ini. Dalam usaha untuk mencapai puncak pegunungan Jayawijaya, terdapat banyak titik lokasi yang sangat sulit dan cukup berbahaya untuk di lalui, ada 5 titik pendakian dan 3 diantaranya adalah titik tersulit dan sangat amat berbahaya. Pegunungan Jayawijaya ini terletak di Indonesia, tetapi justru lebih banyak pendaki yang menjelajahi punggungannya kebanyakan malah dari pendaki luar negeri bukan pendaki local, yang setiap tahunnya terdapat 200-300 pendaki luar negeri yang mengeksplore gunung ini, Pegunungan Jayawijaa ini memiliki keunikkan, karena dikelilingi oleh Gletser, yang bernama Gletser Catens. Gletser adalah pegunungan yang ditutupi oleh salju. Di daerah tropis sejatinya Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis sepanjang masa, tidak mungkin akan turun salju di wilayahnya, untuk itu, pegunungan ini merupakan satu-satunya pegunungan yang termasuk pegununagn Gletser di Asia Tenggara. Akan tetapi, salju abadi yang berada di pegunungan ini, diperkirakan volumenya akan terus menyusut, mencair, dan bahkan mengering. Hal ini terbukti dari beberapa peneliti mengatakan bahwa endapan es di pegunungan ini dari tahun ke tahun mengalami penyusutan yang serius.

Pegunungan ini masih merupakan bagian Taman Wisata Laurentz. Taman wisata ini adalah sebuah taman wisata, yang sangat sulit dicapai. Oleh karena sulitnya medan yang harus dilalui oleh para wisatawan, maka biasanya mereka memilih untuk menggunakan agen perjalanan. Dengan menggunakan agen perjalan, maka mereka harus merogoh kantung lebih dalam, karena harganya berada di kisaran $10.000 Amerika, atau sekitar Rp.130.000.000. Sulitnya medan membuat fasilitas untuk mengunjungi tempat wisata ini menejadi sangat minim.Satu-satunya fasilitas perjalanan dan penginapan bagi wisatawan pegunungan ini adalah basecamp, yang dimiliki oleh para agen pejalanan. Fasilitas yang diberikan oleh agen perjalanan wisata menuju papua adalahh: tiket pulang – pergi Jakarta – Papua, helicopter kecil untuk pergi ke tempat tersebut, penginapan, asuransi jiwa dan pemandu pendakian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url