Ulasan dan Kunci Jawaban Jejak Pemuda Pembangun KELAS 6 TEMA 9 HALAMAN 216

JEJAK PEMUDA PEMBANGUN DESA

AKU CINTA MEMBACA KELAS 6 TEMA 9 HALAMAN 216

Kelas 6 tema 9
(buku.kemdikbud.go.id)
Fatih sedang menyapu halaman rumahnya yang ada di Desa Hargotirto, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Saat itulah ia melihat seorang pemuda muncul membawa tas ransel besar dari ujung jalan.
m
"Wah, mas Iwan sudah pulang!" sorak Fatih. Ia berlari menghampiri pemuda itu. Mas Iwan adalah tetangga Fatih. Ia sejak lama dikenal warga sebagai pemuda yang baik dan pintar. Mas Iwan tidak pelit berbagi ilmu. Sebelum kuliah di kota, ia sering mengajari Fatih dan kawan-kawan pelajaran sekolah.

"Halo, Fatih!" sapa mas Iwan ramah
"Mas Iwan apa kabar? Kuliahnya bagaimana, mas?" balas Fatih bertanya.
"Kabar saya baik. Sekarang saya sudah lulus. Jadi, saya kembali  ke sini." jawab mas Iwan
"Selamat, ya mas!" ucap Fatih. "Mas tidak lanjut kerja di kota?"
"Mas Iwan tersenyum." Saya mau menetap dan bekerja di sini." jelas mas Iwan sambil melihat jam tangan. "Maaf, ya Fatih! saya sedang buru-buru. Saya hendak pulang dulu bertemu Ayah dan Ibu," pamit mas Iwan, Fatih Mengangguk.

Saat ayahnya pulang, Fatih berkata kepada ayahnya, "Tadi Fatih melihat mas Iwan sudah pulang, Ayah. Katanya ia mau menetap di desa ini, masak jauh-jauh sekolah di kota, mas Iwan kembali lagi ke desa kecil ini? Padahal konon di kota banyak pekerjaan yang berpenghasilan tinggi, kan Ayah?"

Ayah tersenyum lalu duduk di samping Fatih. "Kamu tahu peternakan Kambing Etawa yang ada di desa ini?"

"Tahu Ayah. Memangnya kenapa dengan peternakan itu?" Tanya Fatih penasaran.

"Peternakan itu dirintis oleh mas Iwan dan beberapa warga desa ini. Dulu, kambingnya masih kecil, tetapi sekarang sudah bisa menghasilkan susu kambing murni yang banyak dicari orang," jelas Ayah. "Selain itu, mas Iwan juga mengelola kebun sayur organik. Sayur organik adalah sayur yang ditumbuhkan dan dipupuk tanpa menggunakan zat kimia, jadi lebih sehat!"

"Wah, mas Iwan masih mudah sudah punya peternakan dan kebun sendiri, ya Yah!" ucap Fatih kagum.

Ayah melanjutkan, "Tidak hanya itu. Dengan ilum yang didapat saat kuliah, mas Iwan juga membuat budidaya jamur tiram di desa ini. Ia mengajak warga sekitar untuk mengelolanya, sehingga pendapatan mereka sehari-hari meningkat. Akibatnya warga jadi terbantu untuk menyekolahkan anak-anak mereka dan memenuhi kebutuhan lainnya. Hebat, kan?"

Fatih tidak menyangka, ternyata di desanya masih banyak hal yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan warganya.

"Nanti, mas Iwan juga mau membuka perpustakaan kecil agar kamu dan teman-temanmu dapat memanfaatkannya," kata Ayah lagi.

Fatih bertambah kagum. Ternyata mas Iwan benar-benar memanfaatkan ilmu yang dimilikinya untuk membangun desa mereka.

"Fatih ingin seperti mas Iwan yang membangun desa kita, Ayah," kata Fatih.

"Pasti bisa, Fatih. Kamu hanya perlu terus belajar. Mau kerja di kota atau di desa, yang penting jadilah berguna bagi bangsa dan negara ini," nasihat Ayah sambil tersenyum
Disadur dari Nusantara Bertutur, Kompas, Minggu 3 September 2017

Kunci Jawaban Halaman 216
Tema 9 kelas 6 halaman 216






Sebuah cerita dapat menggambarkan perbedaan latar atau tempat pada awal cerita dengan akhir cerita. Gambarkanlah situasi latar atau tempat cerita pada awal cerita dan pada akhir cerita berdasarkan cerita yang kamu baca. Jelaskanlah perbedaan tersebut.

Tempat di awal cerita :
Halaman depan rumah Fatih.
Sebuah halaman depan rumah khas perkampungan, yang rimbun dan banyak pohon peneduh. 
aku cinta membaca tema 9 kelas 6 hal 216
(destaman.blogspot.com/rumahanda.net)
Tempat di akhir cerita :
Ruang keluarga Fatih.
Ruang tempat Fatih, Ibu, Ayah dan saudara Fatih berkumpul dan bersantai setelah seharian beraktivitas.
kunci jawaban kelas 6 tema 9 aku cinta membaca halaman 216 - jawabantematik.blogspot.com
(dapurindonesia.web.id)
Jelaskan tokoh utama dan wataknya menurut cerita di atas dalam sebuah paragraf.
Mas Iwan adalah seorang pemuda dari Desa Hargotirto, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dia adalah seorang pemuda yang baik cerdas, cekatan dan ringan tangan, serta mempunyai dedikasi tinggi untuk memajukan desa tempat tinggalnya. Dia mulai mewujudkan cita-citanya satu demi satu, mulai dari peternakan kambing etawa, kebun sayur organik, budidaya jamur, hingga perpustakaan kecil desa.

Bagaimanakah jalan cerita di atas? Jelaskan dalam satu paragraf
Fatih sedang menyapu halaman rumah saat mas Iwan tetangganya pulang dari kota setelah lulus kuliah. Fatih sangat senang bertemu dengan mas Iwan, sebab mas Iwan orangnya baik, cerdas, peduli dengan sesama, ringan tangan serta ramah. Fatih sempat heran, kenapa mas Iwan kembali ke kampung, bukan bekerja di kota yang menurut Fatih mudah mendapat pekerjaan. Mas Iwan kembali ke kampung halaman karena mempunyai cita-cita untuk memajukan kampung halamannya. Fatih makin mengerti tentang aktivitas-aktivitas mas Iwan setelah mendapat penjelasan saat Fatih bertemu dengan ayah Fatih.

Nilai apa sajakah yang dapat kamu simpulkan dari cerita di atas?
Nilai suka bekerja keras, rela berkorban, memberi pertolongan orang lain, nilai cinta tanah air, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, saling mencintai sesama manusia

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url